Meningkatkan Performa Smartphone (Android) Dengan Gemini App Manager

Dunia Gadget 558

Meningkatkan Performa Smartphone (Android) Dengan Gemini App Manager

Ditulis oleh: -

Gemini App Manager
Meningkatkan Performa Smartphone (Android) Dengan Gemini App Manager - Setiap pengguna Smartphone tentu ingin performa dari Smartphone yang dibawanya selalu optimal. Namun sering kali Smartphone akan mengalami penurunan performa ketika kita sudah cukup lama memakainya ataupun karena telah banyak menginstal aplikasi aplikasi pada device tersebut.  Lalu bagaimana cara meningkatkan performa ponsel atau Smartphone agar tidak lemot? Untuk anda pengguna Android, saia akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi performa ponsel (Smartphone) yang lemot dengan menggunakan aplikasi Gemini App Manager. Beberapa keunggulan yang sangat membantu dari aplikasi ini adalah Gemini App Manager dapat mengatur aplikasi dengan sangat optimal yang dapat mempengaruhi kinerja dari device yang tentu saja akan membuatnya (sedikit) lebih lancar. Fitur-fitur dari aplikasi ini antara lain dapat memindahkan aplikasi (User App) ke SD Card, dimana jika tidak menggunakan aplikasi ini, beberapa aplikasi (User App) tidak dapat dipindahkan ke SD Card dengan cara biasa (Lewat Setting -> App).

Selain itu, Gemini App manager juga dapat mengatur atau mengontrol autorun baik untuk user app maupun system app, dimana dengan menggunakan dan memaksimalkan fitur ini kita dapat mengosongkan ruang pada RAM sehingga menjadi lebih lega yang secara otomatis akan memperlancar dan mengoptimalkan kinerja Smartphone. Namun dibutuhkan akses Root untuk dapat menggunakan fitur ini.

Cara menggunakan Gemini App Manager cukup mudah, asalkan device Android anda sudah di-root maka anda dapat memaksimalkan aplikasi ini. Kita langsung saja pada proses eksekusi. Pertama, jalankan aplikasi ini, lalu tekan / sentuh softkey untuk melihat option, pilih more seperti gambar di bawah :
Setting Gemini App Manager
Gemini Home
Setelah menyentuh menu more pada pojok kanan bawah layar, pilih expert mode (jika Gemini App Manager meminta akses SuperUser, ijinkan) :
Setting Gemini App Manager
Option -> Expert Mode
Silahkan pilih aplikasi mana yang sekiranya akan di pindahkan ke SD Card atau mengatur autorun aplikasi tersebut. Untuk memindahkan apps ke SD Card, hanya bisa dilakukan untuk User App (Aplikasi yang anda download sendiri) CMIIW.
Setting Gemini App Manager
Choose Action
Seperti gambar di atas, anda dapat mengatur aplikasi anda seperti mematikan aplikasi tersebut (jika sedang running), pindahkan ke SD Card, Uninstall, ataupun mengkonfigurasi atau memodifikasi autorun nya. Untuk Config autorun, anda harus berhati hati, pastikan anda telah mengetahui fungsi dari aplikasi yang akan anda modifikasi autorun nya, terutama untuk aplikasi sistem (system app) karena jika anda melakukan kesalahan mematikan autorun tertentu pada file sistem yang vital, device anda beresiko bootloop, gagal sistem, bahkan brick (mati total). Fungsi dari config autorun sendiri adalah untuk mencegah aplikasi running dengan sendirinya tanpa anda inginkan. Banyak dari user app atau bahkan system app yang akan running dengan sendirinya tanpa anda jalankan, yang menyebabkan loading dari device anda berjalan lambat atau lemot.
Config Autorun
Config Autorun
Beberapa aplikasi akan berjalan bahkan saat anda baru menyalakan device anda seperti google maps dll. Anda dapat mematikannya dengan mengubah status On Boot Completed menjadi off, yang artinya saat setelah booting, aplikasi ini tidak akan ikut berjalan, namun anda dapat menjalankannya saat anda butuhkan. Anda juga dapat melakukan modifikasi autorun pada User App ataupun System App lainnya, namun tetap hati hati. Baca terlebih dahulu status autorun yang akan anda modifikasi. (On Boot Completed, On Package Added, dll)
Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, silahkan download di Play Store

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk meng-klik tombol G+1 dibawah artikel ini :D