Cara Menjadikan Android Sebagai Modem

Dunia Gadget 558

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem

Ditulis oleh: -

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem - Semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat semakin banyak pula gadget - gadget canggih yang beredar dipasaran. Rata - rata gadget tersebut memang ditujukan untuk mempermudah beberapa pekerjaan kita, meskipun tidak sedikit pula yang lebih ditujukan untuk fashion. Saat ini, gadget yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas adalah yang berjenis smartphone atau ponsel pintar.

Memanfaatkan Android sebagai modem
Smartphone yang paling banyak digunakan atau yang paling populer saat ini adalah smartphone yang memiliki sistem operasi Android. Dimana sistem operasi ini bebas diadopsi oleh siapa saja sehingga banyak vendor ponsel yang menggunakannya pada perangkat smartphone andalannya, sebut saja Sony dengan Xperia nya, Samsung dengan Galaxy nya, LG, HTC dan masih banyak lagi vendor yang menggunakan sistem operasi Android.


Sejak dirilisnya Android versi 2.2 (Froyo), smartphone Android memiliki kemampuan untuk berbagi lalu lintas data dengan perangkat lain atau disebut juga dengan tethering. Dan ini adalah salah satu fitur yang menurut saya berguna sekali karena kita tidak perlu lagi membeli banyak paket internet untuk beberapa perangkat yang kita miliki karena perangkat Android versi 2.2 keatas ini sudah bisa dimanfaatkan layaknya modem. Nah untuk posting kali ini saya akan memberikan tips dasar Android tentang bagaimana cara menjadikan Android sebagai modem.

Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan Android sebagai modem, yakni dengan menggunakan kabel USB (USB tethering) dan atau dengan metode tanpa kabel (WiFi tethering). Namun perlu diingat bahwa cara dan contoh screenshot dibawah menggunakan Samsung Galaxy Y duos yang menggunakan sistem operasi Android v2.3 Gingerbread. Untuk versi merek dan versi Android lain mungkin akan memiliki tampilan dan cara yang sedikit berbeda, namun dasarnya tetap sama seperti pada cara yang akan saya terangkan. Oke kita mulai saja ke metode yang pertama :

Menggunakan Android sebagai modem WiFi


1. Pertama, buka menu pengaturan atau setting pada smartphone, lalu pilih Nirkabel dan Jaringan

Pengaturan Nirkabel dan Jaringan
Nirkabel dan Jaringan
2. Kemudian pilih menu Tethering dan Portable Hotspot seperti gambar di bawah

Tethering dan Portable Hotspot
Tethering dan Portable Hotspot
3. Lalu akan muncul dua menu seperti gambar dibawah

Wi-Fi portable
Pilih salah satu
Pilih Hotspot Wi-Fi portable (ditunjuk dengan panah berwarna hijau). Untuk pengaturan lebih lanjut seperti penggunaan pasword agar orang lain tidak bisa leluasa menggunakan Wi-Fi portable dari kita, pilih pengaturan hotspot Wi-Fi portable. Nah sekarang kita lanjut ke metode yang kedua

Menggunakan Android sebagai modem via USB


Jika anda ingin menggunakannya melalui USB, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memasangkan smartphone Android anda dengan perangkat seperti laptop atau PC melalui kabel USB.

  • (Pada smartphone anda) sebelum menyatukannya dengan PC atau laptop, gunakan USB connection mode sebagai MSC (Mass Storage). Anda bisa menemukannya pada gambar kedua yang ada di atas, lalu pilih Utilitas USB. (Selain Android v2.3 mungkin anda akan menemukannya di tempat lain. Silahkan eksplorasi untuk mencarinya)
  • Hubungkan smartphone anda dengan laptop / PC via USB. Jika sudah terhubung, tunggu beberapa saat agar PC membaca perangkat anda.
  • Jika sudah terbaca, scroll down layar bagian paling atas (tempat notifikasi dan quick panel) lalu sentuh SD card telah terhubung/ SD card connected, agar PC tidak lagi membaca SD card anda. Namun jangan terburu-buru untuk menghindari kerusakan pada SD card anda.
  • Tunggu dan biarkan beberapa saat agar device atau smartphone anda membaca kembali SD card. Disini juga saya sarankan untuk tidak terburu - buru untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan seperti hang pada smartphone atau kerusakan pada SD card misalnya.
  • Jika sudah, ikuti langkah pada gambar diatas, dan pada gambar ketiga di atas pilih penambatan USB (yang ditunjuk dengan panah berwarna merah)

Bagaimana, cukup mudah bukan menjadikan Android sebagai modem? Mungkin itu saja yang bisa saya bahas kali ini. Anda bisa menemukan tips - tips dasar Android lain yang mungkin berguna untuk anda pada blog ini. Silahkan jelajahi blog ini sesuka anda. Semoga bermanfaat :D