Cara Menghapus Partisi Pada SD Card

Dunia Gadget 558

Cara Menghapus Partisi Pada SD Card

Ditulis oleh: -

Menghapus partisi pada SD card
Cara Menghapus Partisi Pada SD Card - Dulu saya pernah membuat tutorial tentang cara partisi microSD card, dan sekarang saya akan memberikan tutorial serupa, namun dengan tujuan sebaliknya, yaitu cara menghapus partisi pada SD card. Kenapa kita harus menghapus partisi? Entahlah, ada beberapa alasan mengapa orang ingin menghapus partisi pada SD card nya. Ada yang ingin mengulang partisi, mengganti file system pada partisi SD card, atau mungkin ada yang tidak tau dan tidak menemukan keuntungan dari mempartisi microSD tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menghapusnya dengan menggunakan minitool partition wizard. Oke, kita langsung saja ke TKP :D

Sebelum kita memulai tutorial ini pastikan anda telah menginstall minitool partition wizard pada PC atau laptop anda. Jika anda belum menginstalnya, silahkan download disini lalu install. Dan yang perlu anda siapkan adalah sebuah card reader untuk menghubungkan SD card dengan PC. Jangan lupa untuk mem-backup data pada SD card anda terlebih dahulu, dengan cara meng-copy semua data nya ke PC. Jika sudah, kita mulai langkah mudahnya!

1. Jalankan Minitool partition wizard pada PC atau laptop anda
Cara menggunakan minitool partition wizard

2. Perhatikan Disk 2 pada minitool, pilih salah satu partisi dari disk 2 tersebut, lalu pilih delete. Lakukan hal yang sama pada partisi lainnya (pada disk 2)
Cara menghapus partisi pada SD card

Lalu nantinya hanya akan ada satu partisi pada disk 2 seperti pada gambar dibawah ini
Partisi terhapus

3. Sekarang kita akan set / atur file system pada SD card. Klik kanan pada Disk 2, lalu pilih create.
Setting file system pada SD card

4. Pada File System, pilih FAT32 (atau atur sesuai keinginan anda), dan untuk Create As, pilih Primary. Kemudian klik OK.
Membuat file system menjadi FAT32

5. Lalu jika sudah, klik apply pada minitool partition wizard (di pojok kanan atas). Akan muncul sebuah menu pop-up pada minitool, sebelum klik OK pastikan anda mematikan semua aplikasi yang berjalan di PC atau laptop anda (kecuali aplikasi minitool). Dan saya juga menyarankan untuk mematikan sementara AntiVirus yang anda gunakan. Jangan gunakan battery saving mode atau mode hemat daya pada PC atau laptop anda. Jika sudah, silahkan klik OK.

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk menyalakan kembali AntiVirus nya dan jangan lupa juga untuk meng-klik tombol G+1 dibawah artikel ini. :)